Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Tingkatkan Jangkauan Media Melalui Konferensi Pers
admin
Kamis, 10 Desember 2020 / Published in Blog

Tingkatkan Jangkauan Media Melalui Konferensi Pers

Memastikan bisnis Anda diliput secara luas oleh media adalah salah satu target utama dalam pemasaran. Liputan media yang baik membawa manfaat luar biasa: audiens yang lebih besar, tingkat keterlibatan tinggi, hingga pertumbuhan bisnis yang pesat. Nah, salah satu strategi jitu untuk menjangkau media dan jurnalis secara langsung adalah dengan mengadakan konferensi pers, tentunya sebagai pelengkap dari siaran pers. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, lho!

Biasanya, konferensi pers digunakan untuk meluncurkan produk atau layanan baru, atau untuk mengumumkan acara penting perusahaan. Ini adalah praktik yang umum bagi berbagai organisasi dan individu, mulai dari politisi, lembaga publik, selebriti, hingga pebisnis.

Howstuffworks membagi konferensi pers ke dalam setidaknya dua tipe: darurat dan promosi. Konferensi pers darurat biasanya diadakan oleh tokoh politik atau pemerintah selama masa krisis. Selain menjadi bentuk layanan publik, konferensi pers seperti ini juga bisa dimanfaatkan oleh pihak yang bertanggung jawab atas krisis untuk mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat.

Tipe kedua adalah konferensi pers promosi, yang tentu sangat familiar di kalangan masyarakat. Bisnis atau organisasi kerap mengadakan konferensi pers untuk memperkenalkan produk baru, kampanye teranyar, atau kolaborasi mereka.

Buat Konferensi Pers yang Bernilai bagi Jurnalis

Lakukan persiapan lengkap! Jangan sia-siakan waktu dan biaya untuk membuat konferensi pers yang asal-asalan. Pastikan agendanya memiliki nilai berita. Menurut Howstuffworks, sebuah berita layak diliput setidaknya jika memiliki salah satu dari beberapa aspek berikut:

  • Aktual: Sedang terjadi saat ini
  • Signifikan: Berdampak pada banyak orang, terutama audiens target.
  • Lokal: Terjadi di kota/wilayah yang relevan bagi audiens, atau melibatkan pihak-pihak yang dikenal.
  • Tokoh: Melibatkan sosok atau institusi yang terkenal.
  • Manusiawi: Menimbulkan emosi, misalnya berita tentang kesejahteraan atau hal-hal yang menyentuh.

Selain itu, pertimbangkan jadwal sibuk jurnalis dengan memilih waktu dan lokasi yang strategis. Semakin nyaman setting konferensi persnya, semakin besar kemungkinan kehadiran jurnalis. Menentukan pembicara juga penting. Idealnya, mereka menguasai materi yang akan disampaikan dan sudah terbiasa berinteraksi dengan media. Mengadakan sesi tanya jawab wajib dilakukan, dan sediakan juga kesempatan wawancara pribadi untuk para jurnalis yang ingin menggali lebih dalam. Terakhir, jangan lupa siapkan paket pers berisi siaran pers, profil singkat para pembicara, lembar fakta, dan kontak untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat!

Tagged under: branding, communications, marketing, media, media coverage, press release

What you can read next

social media advertising
Pertumbuhan Eksplosif dengan Iklan Media Sosial
Video Marketing Trends for Small Businesses in 2024
Tren Video Marketing untuk Bisnis Kecil di 2024
Memahami Target Audiens Tiap Media Sosial

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us