
Dunia periklanan terus berevolusi. Dulu, promosi brand identik dengan iklan TV yang “menjual”. Sekarang, ada pendekatan yang lebih halus, salah satunya lewat web series. Meski belum sepopuler metode iklan lainnya, web series berpotensi melesat dalam waktu dekat!
Apa rahasianya? Selain maraknya era digital dan media sosial, web series punya beberapa keunggulan. Simak yuk!
Efisien Banget!
Web series bisa diunggah gratis ke media sosial dan platform streaming seperti YouTube. Di sana, kamu bahkan bisa cek performa video lewat analitiknya. Beda platform mungkin beda aturan, tapi tetap saja jauh lebih hemat dibanding pasang iklan di TV. Artinya, budget-mu akan terfokus ke proses produksi video yang berkualitas.
Pesan Langsung Sampai
Lewat web series, pesan brand-mu bisa disampaikan dengan lebih elegan. Kamu punya kesempatan mengemasnya jadi cerita menarik sehingga penonton menikmati kontenmu. Durasinya pun ringkas, membuat fokus penonton tak mudah teralihkan.
Bukan Sekedar Jualan, Tapi Hiburan!
Sekarang, iklan bertebaran di mana-mana – TV, media sosial, radio, billboard. Rasanya mengganggu banget, ya, dibombardir iklan melulu?
Nah, web series justru memberi nilai tambah untuk penonton: hiburan! Jadi, mereka tak semata-mata ditawari iklan, tapi cerita seru yang menghibur. Waktu yang mereka habiskan pun terasa sepadan. Kalau penonton suka web series-mu, pesan yang ingin disampaikan bakal lebih terserap.
Mengingat ampuhnya web series untuk beriklan, tiap brand dengan bujet dan sumber daya mumpuni mesti mempertimbangkan bikin web series sendiri. Memang usahanya lebih besar, tapi dampak ke penonton juga berlipat ganda.
Referensi:https://www.522productions.com/major-brands-use-web-video-series-to-promote-products/