Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Panduan Esensial untuk Merencanakan Webinar
admin
Senin, 07 Desember 2020 / Published in Blog

Panduan Esensial untuk Merencanakan Webinar

Pernah dengar istilah webinar? Atau malah sudah pernah ikut salah satunya? Beberapa tahun belakangan, webinar semakin populer, terutama di tahun 2020 dimana interaksi langsung jadi terbatas karena pandemi. Kebutuhan untuk memiliki panduan merencanakan webinar jadi semakin mendesak.

Sebenarnya, bahkan sebelum tahun 2020, webinar telah menjadi alat komunikasi yang efektif. Webinar, kependekan dari web seminar, adalah seminar online yang memungkinkan Anda berbicara dengan banyak peserta tanpa perlu bertatap muka. Fleksibel banget, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, baik bagi penyelenggara maupun para hadirin.

Dalam dunia marketing, webinar punya potensi besar untuk menghasilkan leads, yang mana tentunya jadi aset berharga bagi bisnis. Selain itu, webinar bisa digunakan untuk terhubung langsung dengan audiens sekaligus memperkenalkan bisnis Anda. Supaya webinar berjalan sukses, perencanaan itu wajib hukumnya! Selain topik yang kuat dan menarik, aspek-aspek lainnya juga butuh dipikirkan secara matang, berikut beberapa di antaranya:

Topik 

Pilih topik yang spesifik – jangan terlalu umum dan samar. Anda perlu menyelami detail sedalam mungkin, tapi ingat, waktu Anda terbatas! Kalau topik yang dipilih terlalu luas, peserta akan mudah kehilangan fokus.

Pembicara

Pilih pembicara yang memang ahli dalam topik webinar. Pastikan juga mereka nyaman berbicara di depan kamera. Jika ada sesi tanya jawab, informasikan ke pembicara terlebih dahulu, dan bila perlu, siapkan daftar pertanyaan potensial.

Presentasi

Slide presentasi seringkali dibutuhkan untuk mendukung narasi selama webinar. Biar peserta gak kabur, jangan buat slide yang membosankan! Hindari menumpuk semua kata yang akan diucapkan disana. Sisipkan grafis, gambar, atau video yang relevan agar peserta tetap tertarik.

Naskah

Naskah membantu Anda menavigasi webinar dan tetap berada di jalur. Tidak hanya untuk pemandu acara, pembicara juga akan sangat terbantu dengan naskah yang dipersiapkan sebelumnya.

Nah, itulah poin-poin yang harus dipertimbangkan dengan matang saat merencanakan webinar. Panduan ini bisa Anda gunakan saat menggelar webinar berikutnya. Dengan persiapan yang maksimal, dijamin webinar Anda akan sukses berat!

Tagged under: branding, marketing, Video Production, webinar

What you can read next

commercial videos
Anda Berpikir Sudah Tahu Video Komersial? Pikirkan Lagi
Brand Guidelines: Kunci Konsistensi dan Kesuksesan Brand
Berjejaring dengan Gaya: Merchandise Kustom untuk Acara Anda Berikutnya

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us