Memperbarui atau bahkan merombak total branding kantor mungkin terkesan berlebihan. Selain waktu dan tenaga, jelas ada biaya yang harus ditanggung. Tapi, mengapa begitu banyak perusahaan bersikukuh melakukannya? Bukankah sekadar urusan estetika? Ternyata, office branding merupakan aspek krusial yang turut memajukan bisnis Anda!
Berikut adalah alasan-alasan mengapa office branding patut diprioritaskan:
Kesan Pertama yang Kuat untuk Klien Potensial
Anda tentu paham pentingnya kesan pertama. Saat partner atau klien potensial masuk ke kantor Anda, sambut mereka dengan tampilan ruang kerja yang berkelas. Mereka akan langsung memahami bisnis dan nilai-nilai yang Anda usung.
Office branding yang bagus juga menampilkan profesionalitas Anda. Klien akan melihat keseriusan Anda dalam membangun citra perusahaan, dan ini berdampak pada tingkat kepercayaan mereka pada Anda.
Memotivasi Karyawan
Selain memukau pihak luar, office branding justru paling memberi manfaat kepada karyawan sendiri. Ketika kantor dengan jelas menunjukkan nilai-nilai dan identitas perusahaan, karyawan merasa lebih terlibat dan bangga menjadi bagian tim.
Rasa memiliki ini tidak hanya penting bagi semangat kerja, namun juga menciptakan suasana kerja positif yang mendorong produktivitas meningkat.
Menyalakan Kreativitas
Lingkungan kerja yang kreatif mampu mendorong kreativitas karyawan. Walaupun umumnya office branding berfokus pada identitas perusahaan (warna, logo, dsb), cobalah berikan ruang untuk sentuhan personal dari karyawan.
Nah, dengan beragam manfaat ini, office branding pastinya semakin diminati. Perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Microsoft telah menerapkannya, siap menginspirasi perusahaan lain untuk menjadikan kantor mereka cerminan yang unik dari brand yang mereka bangun.
Referensi: