
Meningkatkan engagement hampir selalu ada dalam daftar tugas setiap brand. Berbagai upaya pemasaran tersedia untuk menjangkau pelanggan dan calon pelanggan Anda. Mulai dari iklan cetak hingga media sosial, event marketing juga menjadi pilihan populer di kalangan pemasar. Namun, selain perencanaan dan pelaksanaan acara yang matang, event coverage yang sukses juga sama pentingnya.

Apa itu Event Coverage?
Dilansir dari IDNTimes, event coverage atau media coverage merupakan konten yang menyebut, menampilkan, dan mendiskusikan sebuah brand, baik dalam bentuk artikel, video, atau RSS Feed (Really Simple Syndication), yaitu penyajian data yang digunakan untuk menyimpan judul atau keterangan singkat dalam bentuk yang bisa dibaca. Konten ini nantinya punya tujuan untuk menandakan market presence brand atau sebuah perusahaan.
Manfaat Event Coverage
Dilansir dari Ewise Communication, event coverage punya peran yang cukup besar dalam brand awareness. Dengan adanya dokumentasi ini, brand atau perusahaan bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Kegiatan ini juga bisa membangun citra perusahaan agar terlihat lebih kredibel. Dokumentasi acara yang menampilkan interaksi positif dengan pelanggan juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan bermakna.
Baca juga: Event Organizer Konser Musik Ed Sheeran Siap Menggelar Konser yang Berkesan
Cara untuk Memaksimalkan Event Coverage
Liputan media yang positif tentang acara yang kamu laksanakan dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, dan memperkuat kredibilitasmu. Namun, mendapatkan liputan media yang berkualitas tidak selalu mudah. Maka dari itu, berikut cara memaksimalkan event coverage dan meraih manfaat lebih besar dari acaramu:
Pilih Media yang Mau Kamu Ajak Kerja Sama
Melansir Marketing Donut, yang kamu perlu lakukan pertama-tama adalah menentukan siapa audiensmu, baru nanti kamu bisa memilih lewat media mana kamu akan melakukan dokumentasi. Hal ini supaya target audiens yang kamu inginkan bisa dijangkau, pun tidak terlalu luas juga. Usahakan untuk mendekati media-media lokal atau yang industrinya sama dengan brand atau perusahaanmu, ataupun media yang spesifik di industri tertentu.

Manfaatkan Website Perusahaanmu
Kamu juga bisa menggunakan website perusahan untuk mengoptimasi acara ini. Melansir dari Glints, tulislah artikel tentang apa saja yang terjadi di perusahaanmu dan jangan lupa untuk dilengkapi dengan foto. Artikel ini juga bisa menaikkan website perusahaan jika dilakukan sesuai dengan metode SEO.
Itu dia cara supaya event coverage brand atau perusahaanmu bisa berjalan lancar dan optimal. Sudah disebutkan juga manfaat-manfaat yang bisa didapat jika melakukan salah satu strategi marketing yang satu ini. Jika perusahaanmu ingin mengadakan event dan mau mendokumentasikannya, SHIFTinc. sebagai ahensi full service bisa membantu. Kami sudah berpengalaman dalam melakukan event coverage dengan berbagai klien. Kamu bisa melihat portfolio kami sebelum bekerja sama.
Yuk, bekerja sama dengan kami sekarang!