
Digital marketing telah menjadi bagian penting dari pendekatan bisnis modern. Hal ini sangat penting untuk bisnis saat ini karena begitu banyak konsumen yang beralih ke dunia digital, yang menjadikannya praktik yang efisien untuk menjangkau mereka. Sebuah survei dari Clutch menunjukkan tiga saluran pemasaran digital yang paling banyak digunakan adalah pemasaran media sosial (81%), situs web (78%), dan pemasaran email (69%). Tidak hanya saluran-saluran ini dapat menjangkau pelanggan secara langsung, tetapi juga dapat menjangkau audiens yang lebih besar, dibandingkan dengan praktik pemasaran tradisional. Memang, memiliki kehadiran digital yang kuat untuk bisnis dan diperlukan untuk membawanya kepada konsumen yang dituju, karena manfaat yang dibawanya:
Mencipatakan Brand Awareness untuk Pelanggan Baru merupakan Guna Digital Marketing
Digital marketing adalah cara yang efektif bagi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak audiens dan menjangkau mereka secara langsung. Jika bisnis Anda telah melakukan branding dengan baik, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengakuan yang berpotensi membangun kesadaran dari audiens yang lebih besar. Oleh karena itu, sebelum menginvestasikan bisnis Anda ke saluran digital, Anda membutuhkan branding yang tepat untuk menyesuaikan bisnis Anda dengan pasar.
Meningkatkan Engagement dengan Pelanggan
Beralih ke digital berarti bisnis Anda harus siap untuk responsif karena sebagian besar dari mereka sekarang menginvestasikan lebih banyak waktu mereka di digital. Biasanya, pelanggan menghubungi Anda untuk mendapatkan solusi. Kalau suatu brand tidak merespons dengan cepat, setengah dari mereka tidak akan pernah berbisnis dengan brand tersebut lagi. Jadi, penting untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan untuk bisnis Anda.
Baca juga: Pentingnya Social Media Marketing di Era Digital
Pemasaran Gratis melalui Promosi dari Mulut ke Mulut (Word-of-Mouth) dan Sharing
Saluran digital dalam digital marketing dapat dimiliki secara bebas, bahkan untuk bisnis. Jika Anda mampu memberikan produk dan layanan yang memuaskan kepada pelanggan Anda, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan umpan balik positif dari mereka. Selain itu, pelanggan loyal bisa membawa peluang besar untuk promosi bisnis Anda. Hal ini bisa dilakukan secara gratis seperti yang dilakukan dari mulut ke mulut dan berbagi sosial melalui saluran digital (User Generated Content/UGC). Oleh karena itu, memuaskan pelanggan adalah hal yang penting. Jika tidak, jenis promosi yang Anda dapatkan adalah ulasan yang buruk.
Meningkatkan Penjualan
Ketika bisnis berencana untuk menggunakan digital marketing, tujuan utamanya adalah meningkatkan penjualan dan menghasilkan lebih banyak uang. Untuk melakukannya, Anda dapat menerapkan beberapa taktik. Ini termasuk digital ads, search marketing, content marketing, social media marketing, dan community management. Jika semua itu dilakukan dengan baik, hasilnya adalah peningkatan brand awareness. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan engagement dan mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk mendorong lebih banyak penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.
Singkatnya, konsumen saat ini sebagian besar menginvestasikan waktu mereka di saluran digital. Untuk menjaga visibilitas dan relevansi bisnis Anda, Anda perlu menerapkan digital marketing. Clutch menekankan bahwa 83% perusahaan merasa bahwa strategi tersebut berhasil dan mampu mencapai tujuan mereka. Pemasaran digital harus dipertimbangkan untuk mempromosikan bisnis Anda.
Sources:
- https://www.socialmediatoday.com/news/why-is-digital-marketing-so-important-for-business-in-2019-infographic/552160/
- https://www.business2community.com/digital-marketing/the-importance-of-digital-marketing-in-2018-02101555
- https://www.digitalmarketer.com/digital-marketing/assets/pdf/ultimate-guide-to-digital-marketing.pdf
- https://digitalmarketinginstitute.com/blog/brand-awareness-why-a-digital-first-approach-is-essential