Iklan terus berkembang tiada henti, menghadirkan banyak sekali pilihan jenis kampanye. Agar bisnismu bisa meraup manfaat maksimal, penting untuk menentukan jenis kampanye yang paling cocok. Jangan kalap dan ingin menggunakan semua saluran pemasaran – fokus dan pilih opsi yang paling tepat saja. Nah, agar kampanye iklanmu benar-benar berhasil, ikuti langkah-langkah perencanaan berikut ini.
Tentukan Tujuan
Apa yang ingin kamu capai? Sebisa mungkin, definisikan tujuan dengan spesifik. Kampanye bisa diarahkan untuk membangun kesadaran merek (brand awareness), meluncurkan produk baru, atau menghasilkan calon pelanggan (lead generation). Banyak pebisnis langsung berpikir soal profit atau penjualan ketika menetapkan tujuan, padahal, fleksibilitas itu di tanganmu!
Tentukan Target Audiens
Pesan iklanmu untuk siapa? Kamu mungkin pernah mendengar istilah Above the Line (ATL) dan Below the Line (BTL), yaitu bentuk pemasaran untuk publik secara umum atau justru yang bertarget. Walaupun terkesan bagus untuk menjangkau audiens secara luas, kampanye yang fokus pada target spesifik punya peluang lebih besar untuk sukses.
Tentukan Metrik Keberhasilan
Bagaimana caramu mengukur kesuksesan kampanye? Dengan menentukan metrik, kamu punya arahan dan tujuan yang jelas. Contohnya, untuk tujuan brand awareness, kamu bisa gunakan metrik seperti mention, follower, dan jumlah penggunaan hashtag.
Tetapkan Anggaran
Putuskan berapa banyak biaya yang siap diinvestasikan ke dalam kampanye. Jangan lupa untuk memperhitungkan semua aspek, mulai dari perencanaan hingga eksekusi, serta jenis media yang dipilih.
Institusi pemasaran digital terkemuka juga menekankan bahwa perencanaan anggaran yang matang membantumu menentukan “tujuan, strategi, hingga jumlah konten yang mampu dibuat.” Setelah menyelesaikan perencanaan matang, kamu bisa melanjutkan ke tahap eksekusi dengan lancar. Langkah-langkah ini akan jadi fondasi kokoh bagi keseluruhan proses kampanye dan memastikan kamu tetap on-track.
Sudah siap menjalankan kampanye iklan yang powerful? ????