Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Cara Efektif Merencanakan Workshop
admin
Jumat, 11 Desember 2020 / Published in Blog

Cara Efektif Merencanakan Workshop

Pernahkah Anda hadir di sebuah workshop? Atau pernah dapat undangan? Mirip dengan seminar, workshop bisnis sering diadakan untuk para profesional. Menurut Collins Dictionary, definisi workshop adalah: “periode diskusi atau kerja praktikal mengenai subjek tertentu, di mana sekelompok orang berbagi pengetahuan mereka.” Intinya mirip seminar, tetapi workshop lebih menitikberatkan partisipasi peserta.

Workshop dirancang lebih padat aktivitas dan diskusi kelompok. Walau biasanya dipimpin ahli dalam topik terkait, workshop bukan sekadar ceramah— melainkan sarana berbagi pengetahuan dan latihan pemecahan masalah. Nah, jika Anda bertugas merancang sebuah workshop, berikut adalah langkah efektif agar acaranya bermanfaat bagi semua peserta.

Tujuan

Pertama-tama, tentukan tujuan utama Anda. Mulai dengan pertanyaan-pertanyaan ini: Apa yang ingin Anda capai? Penawaran apa yang menarik bagi peserta? Apakah fokusnya keahlian baru? Bagaimana cara terbaik menyampaikan materi? Jawaban yang jelas memastikan Anda tidak melenceng saat tahap-tahap perencanaan selanjutnya.

Audiences

Setelah yakin akan tujuan, tentukan siapa audiens Anda. Pengetahuan mendalam tentang audiens membantu Anda mempersiapkan cara terbaik dalam melaksanakan workshop. Berapa perkiraan pesertanya? Apakah mereka punya pengetahuan dasar terkait topik? Metode apa yang mereka sukai? Pertimbangan ini penting untuk memandu alur workshop Anda.

Lokasi

Ukuran dan profil audiens jadi dasar pemilihan lokasi workshop. Tentu saja tempat yang pas untuk 15 orang akan berbeda dengan 50 orang. Di samping itu, buat daftar rinci mengenai logistik dan hal-hal penting saat workshop, misalnya alat bantu visual atau perlengkapan lainnya.

Aktivitas

Akhirnya, langkah terakhir adalah menyusun daftar aktivitas dalam workshop. Agar suasana tidak membosankan, fasilitator sebaiknya menyiapkan aktivitas pemecah kebekuan (“ice breaking”). Selain itu, pastikan strategi yang tepat agar semua peserta terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, baik itu diskusi kelompok ataupun tugas individu.

Referensi:

  • http://www.theworkshopleader.org/the-7-ps-of-planning-effective-workshops/
  • https://www.mindtools.com/pages/article/PlanningAWorkshop.htm
Tagged under: event organizer, event organizing, workshop

What you can read next

Pentingnya Event Organizer dalam Acara Korporat: Menciptakan Pengalaman Tak Terlupakan
Tingkatkan Bisnis Anda Melalui Social Media Marketing
Membangun Website Bisnis dari Awal? Perhatikan Hal-hal Mendasar Ini!

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us