
Membangun hubungan dengan pelanggan itu ribet, apapun bidang bisnisnya. Ada banyak hal yang harus ditangani, dan melacak semua informasi terbaru dari tiap pelanggan rasanya mustahil. Disinilah CRM hadir untuk menyelamatkan bisnis Anda!
CRM, atau Customer Relationship Management, menurut CRM.org adalah software yang “[menyatukan] interaksi pelanggan di semua saluran dalam satu tempat.” Data yang disimpan dalam CRM mencakup informasi pribadi seperti kontak, catatan penjualan, dan aktivitas lainnya. Beberapa software CRM bahkan dapat menghasilkan laporan penjualan. Nah, apa saja keuntungan menggunakan CRM untuk bisnis?
1. Pelayanan Pelanggan Jadi Memukau
CRM menyimpan informasi penting pelanggan dan selalu memperbaruinya, seperti riwayat penjualan dan tindak lanjut setiap interaksi. Dengan kemudahan ini, Anda bisa menjawab masalah pelanggan dengan cepat dan mendedikasikan lebih banyak waktu untuk melayani mereka. Hebatnya, pelayanan prima itu kunci menuju pelanggan yang setia!
2. Data dan Laporan = Strategi Jitu
Dari data CRM, Anda dapat menganalisis perilaku dan preferensi konsumen. Hasilnya? Ide brilian untuk strategi pemasaran Anda selanjutnya! Menurut Salesforce, CRM juga dapat membuat dasbor dengan visual ringkas dan mudah dipahami. Bahkan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan berbagai divisi dalam bisnis.
3. Penjualan & Pemasaran Lebih Lancar
Kata Forbes, “berbagai media pemasaran bisa diintegrasikan dengan CRM”, termasuk email, media sosial, situs web & lainnya. Tim pemasaran dapat memanfaatkan ini untuk kampanye yang lebih luas, sementara tim penjualan dapat menghubungi pelanggan atau prospek dengan mudah dari berbagai saluran.
4. Omset Meroket
Ilustrasi: Unsplash Dengan beban kerja administrasi yang berkurang dan fokus beralih ke strategi yang tepat, bisnis Anda pasti akan melihat lonjakan penjualan. Pelanggan yang puas dengan respon kilat juga berpotensi besar jadi pelanggan setia. CRM adalah kunci utama bisnis dalam memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. Bisnis yang menggunakan CRM dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk strategi besar berikutnya. Tentu, ini jelas jauh lebih efisien ketimbang cara-cara manual seperti memakai spreadsheet!
Ingin merasakan sendiri manfaat CRM? Kontak kami.