Sebagian besar orang saat ini menghabiskan waktu mereka di internet, mulai dari bekerja hingga bersosialisasi, bahkan untuk berbelanja. Global Digital Reports 2019 menunjukkan bahwa orang Indonesia sendiri menghabiskan waktu mereka di internet selama rata-rata 8 jam 36 menit per hari. Oleh karena itu, Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak bisnis yang kini memiliki situs web dan aplikasi mobile mereka sendiri yang menyesuaikan dengan prospek yang ada. Dengan demikian, bisnis-bisnis ini bisa menjadi jauh lebih unggul di pasar. Sejauh ini, jika Anda memiliki bisnis lalu tidak memiliki situs web atau aplikasi mobile, Anda kehilangan manfaat ini.
Situs Web dapat Menciptakan Platform Periklanan yang Luar Biasa
Sebagai permulaan, Anda memerlukan situs web atau aplikasi seluler untuk membuat publik mengetahui tentang merek Anda. Dibandingkan dengan brosur, selebaran, dan kartu nama, membuat situs web atau aplikasi seluler akan meningkatkan nilai bisnis Anda. Melalui saluran-saluran tersebut, pelanggan potensial dapat melihat apa yang Anda tawarkan hanya dalam genggaman setiap saat.
Menumbuhkan Pelanggan dengan Lebih Mudah
Sebagian besar orang sekarang menghabiskan lebih banyak waktu mereka di internet. Kebiasaan ini membuka peluang bagi saluran digital seperti situs web dan aplikasi seluler untuk berkembang. Kedua saluran tersebut dapat dianggap sebagai pilihan terbaik untuk memasarkan bisnis mereka. Selain itu, kedua saluran ini dapat menyediakan dan menjangkau audiens di seluruh dunia untuk meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih mudah dan efektif. Semakin besar audiens yang Anda miliki, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.
Baca juga: Memahami Target Audiens Tiap Media Sosial
Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, Anda perlu menyediakan cara bagi pelanggan untuk menghubungi Anda. Selain itu, memiliki fitur meja bantuan online dalam situs web dan aplikasi seluler Anda dapat memfasilitasi pelanggan Anda 24/7 dengan lebih mudah dan efisien. Ini adalah salah satu cara tercepat bagi Anda dan pelanggan Anda untuk mendapatkan tanggapan tentang produk dan layanan kapan saja.
Membangun Merek dan Kredibilitas
Situs web dan aplikasi seluler berkontribusi dalam membangun kredibilitas dan meningkatkan kesadaran merek. Kedua saluran tersebut memungkinkan pelanggan untuk melihat tentang merek Anda. Selain produk dan layanan, Anda juga dapat menceritakan lebih banyak tentang perusahaan Anda. Strategi ini memungkinkan Anda untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda.
Mempertahankan Bisnis yang Kuat di Pasar
Baik Anda memiliki bisnis kecil maupun besar, situs web dan aplikasi seluler Anda harus ada untuk menjaga kehadiran online bisnis Anda tetap kuat dan bermakna. Nilai plus jika Anda dapat menyediakan situs web dan aplikasi seluler yang terlihat profesional dan mudah digunakan oleh pelanggan Anda. Selain itu, saluran-saluran tersebut harus memiliki konten yang berkualitas dan faktor-faktor lain untuk menarik pelanggan. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak pada peningkatan penjualan.
Singkatnya, internet telah mengubah cara kita berbisnis. Kita tidak lagi harus berjalan ke toko untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Sekarang, kita dapat mengandalkan kehadiran situs web dan aplikasi seluler untuk membantu bisnis mendapatkan prospek yang memberikan banyak manfaat seperti platform periklanan yang sangat baik, menambah pelanggan dengan mudah, meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun merek dan kredibilitas, dan juga mempertahankan bisnis yang kuat di pasar.
Referensi:
- https://www.mindinventory.com/blog/why-mobile-website-and-mobile-app-important-for-business/
- https://www.lyfemarketing.com/blog/importance-of-a-website/
- https://www.allbusiness.com/7-reasons-business-needs-mobile-app-19179-1.html
- https://www.forbes.com/sites/gradsoflife/2020/01/02/where-to-begin-essential-metrics-for-talent-conscious-businesses/#a29c3d429c7a