Jobdesk Event Organizer tidak hanya sekadar mengatur dekorasi dan logistik, tapi EO juga bertanggung jawab atas keseluruhan proses acara, mulai dari mengonsepkan sebuah acara, merencanakannya, hingga di tahap pelaksanaannya. Hal ini tidak lepas dari kerja sama antara klien dengan EO.

Pernahkah Anda terpesona dengan kemeriahan sebuah acara besar, dan bertanya-tanya siapa dalang di baliknya? Jawabannya adalah event organizer (EO), sang maestro di balik layar yang menyulap ide menjadi kenyataan.
Sebelum memilih EO yang tepat, ada baiknya Anda sebagai klien memiliki pemahaman lebih mengenai apa saja yang dikerjakan oleh EO. Untuk itu, berikut apa saja yang menjadi jobdesk event organizer pada umumnya:
Memahami Kebutuhan Klien, Jobdesk Event Organizer Paling Utama
Tentu saja hal yang paling awal dilakukan oleh EO adalah berkomunikasi dengan klien untuk memahami visi, misi, dan tujuan acara. Tanpa komunikasi yang baik, sebuah acara atau event yang bakal diselenggarakan bisa saja berantakan dan berjalan tidak baik. Untuk itu, EO sebaiknya juga bisa menerjemahkan kebutuhan klien into konsep acara yang kreatif dan menarik.
Perencanaan Acara
Setelah memahami kebutuhan klien, jobdesk event organizer selanjutnya adalah menyusun timeline dan anggaran acara yang detail. Hal ini dilakukan supaya klien tidak boncos dan mengetahui rangkaian acara. Selain itu, tugas EO lainnya adalah mencari dan menegosiasikan vendor terbaik untuk berbagai kebutuhan acara, seperti dekorasi, catering, dan entertainment. Lalu yang tak kalah penting, mengurus perizinan dan legalitas acara.
Jobdesk Event Organizer Selanjutnya adalah Koordinasi dan Eksekusi
Memimpin tim EO dan vendor dalam persiapan dan pelaksanaan acara juga termasuk tugas bagi para event organizer. Lalu setelahnya memastikan semua aspek acara berjalan sesuai rencana dan anggaran. Hal yang terakhir dilakukan adalah mengatasi kendala dan situasi tak terduga dengan sigap.
Evaluasi dan Pelaporan
Setelah semuanya terlaksana dengan baik, EO juga mesti melakukan evaluasi terhadap keseluruhan acara, lalu menyusun laporan akhir untuk klien, termasuk analisis dan rekomendasi untuk acara selanjutnya.
Keterampilan yang Dibutuhkan EO
- Kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.
- Keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang efektif.
- Kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
- Kemampuan negosiasi dan problem solving.
- Pengetahuan luas tentang industri event.
Menjadi EO bukan pekerjaan mudah, namun penuh dengan kepuasan dan adrenalin. Bagi Anda yang memiliki jiwa kreatif, terorganisir, dan gemar bekerja sama dengan tim, jobdesk event organizer bisa menjadi pilihan karir yang menantang dan penuh peluang.
Ingin tahu lebih banyak tentang dunia EO? SHIFTinc, sebagai EO berpengalaman di Jakarta, siap membantu Anda menyelenggarakan acara yang tak terlupakan.