Pernahkah Anda menerima selebaran, brosur, buku catatan, atau bahkan kalender dengan nama merek di atasnya? Semua itu adalah bagian dari apa yang kita sebut sebagai collateral marketing, dan contoh-contoh di atas adalah beberapa jaminan yang paling populer. Namun, apa sebenarnya marketing collateral itu, dan mengapa marketing collateral itu penting?
Singkatnya, marketing collateral adalah media dan materi yang digunakan untuk tujuan penjualan dan aktivitas pemasaran. Menurut Harvard Business Review, awalnya marketing jenis ini dibuat oleh bagian pemasaran di sebuah perusahaan “untuk membantu tenaga penjualan menarik pelanggan dan menutup penjualan” serta dapat membantu tenaga penjualan dalam pekerjaan mereka dengan mendukung promosi penjualan.
Beberapa jenis yang dapat membantu mendukung penjualan antara lain slide presentasi, proposal, serta lembar fakta tentang produk atau bahkan video penjelas.
Selain untuk penjualan, marketing collateral juga dapat membantu tim pemasaran dalam upaya branding. Bentuk fisik dari agunan mungkin adalah salah satu yang paling umum. Namun, hal ini juga telah berevolusi menjadi bentuk digital. Bisnis telah banyak memanfaatkan bentuk ini tidak hanya untuk menjual produk mereka tetapi juga membangun merek.
Sebagai contoh, brosur biasanya berisi informasi dasar tentang bisnis dan apa yang ditawarkannya. Gambar dan grafik juga biasanya ada dalam brosur untuk lebih merepresentasikan merek. Studi kasus, white paper, dan portofolio juga merupakan salah satu jaminan yang paling sering digunakan untuk branding. Kedua bentuk tersebut dapat menawarkan wawasan tentang bagaimana bisnis melakukan bisnis mereka, serta kepemimpinan mereka.
Selain itu, bentuk-bentuk jaminan pemasaran digital juga dapat digunakan. Postingan blog dapat meningkatkan kesadaran dan lalu lintas ke situs web, atau jika Anda berniat untuk memberikan materi edukasi, beberapa bisnis sekarang memilih untuk merilis e-book karena dapat menunjukkan “keahlian perusahaan dalam industri atau bidang tersebut. Newsletter dan email otomatis juga dapat menjadi pilihan dan dapat sesuai dengan upaya penjualan dan pemasaran.