Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Langkah-Langkah Merencanakan Kampanye Iklan yang Sukses
admin
Jumat, 11 Desember 2020 / Published in Blog

Langkah-Langkah Merencanakan Kampanye Iklan yang Sukses

Iklan terus berkembang tiada henti, menghadirkan banyak sekali pilihan jenis kampanye. Agar bisnismu bisa meraup manfaat maksimal, penting untuk menentukan jenis kampanye yang paling cocok. Jangan kalap dan ingin menggunakan semua saluran pemasaran – fokus dan pilih opsi yang paling tepat saja. Nah, agar kampanye iklanmu benar-benar berhasil, ikuti langkah-langkah perencanaan berikut ini.

Tentukan Tujuan

Apa yang ingin kamu capai? Sebisa mungkin, definisikan tujuan dengan spesifik. Kampanye bisa diarahkan untuk membangun kesadaran merek (brand awareness), meluncurkan produk baru, atau menghasilkan calon pelanggan (lead generation). Banyak pebisnis langsung berpikir soal profit atau penjualan ketika menetapkan tujuan, padahal, fleksibilitas itu di tanganmu!

Tentukan Target Audiens

Pesan iklanmu untuk siapa? Kamu mungkin pernah mendengar istilah Above the Line (ATL) dan Below the Line (BTL), yaitu bentuk pemasaran untuk publik secara umum atau justru yang bertarget. Walaupun terkesan bagus untuk menjangkau audiens secara luas, kampanye yang fokus pada target spesifik punya peluang lebih besar untuk sukses.

Tentukan Metrik Keberhasilan

Bagaimana caramu mengukur kesuksesan kampanye? Dengan menentukan metrik, kamu punya arahan dan tujuan yang jelas. Contohnya, untuk tujuan brand awareness, kamu bisa gunakan metrik seperti mention, follower, dan jumlah penggunaan hashtag.

Tetapkan Anggaran

Putuskan berapa banyak biaya yang siap diinvestasikan ke dalam kampanye. Jangan lupa untuk memperhitungkan semua aspek, mulai dari perencanaan hingga eksekusi, serta jenis media yang dipilih.

Institusi pemasaran digital terkemuka juga menekankan bahwa perencanaan anggaran yang matang membantumu menentukan “tujuan, strategi, hingga jumlah konten yang mampu dibuat.” Setelah menyelesaikan perencanaan matang, kamu bisa melanjutkan ke tahap eksekusi dengan lancar. Langkah-langkah ini akan jadi fondasi kokoh bagi keseluruhan proses kampanye dan memastikan kamu tetap on-track.

Sudah siap menjalankan kampanye iklan yang powerful? ????

Tagged under: advertising, advertising campaign, campaign, commercial campaign

What you can read next

4 Keunggulan E-Commerce: Tingkatkan Bisnis Anda!
team
Pentingnya Membangun Tim di Perusahaan
talent for video
Bagaimana Talenta yang Tepat Mengubah Proyek Produksi Video

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us