Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Brand Guidelines: Kunci Konsistensi dan Kesuksesan Brand
admin
Jumat, 11 Desember 2020 / Published in Blog

Brand Guidelines: Kunci Konsistensi dan Kesuksesan Brand

Mulai kampanye pemasaran di berbagai platform? Pasti kamu ingin semua elemen branding tampil konsisten, baik dari segi desain, warna, sampai pesan yang disampaikan. Supaya gampang dikenali audiens sekaligus menjaga identitas brand di setiap kemunculannya, solusinya satu: brand guidelines. Olive & Co. menyebut brand guidelines sebagai “alat yang memastikan penerapan elemen identitas yang konsisten guna melindungi brand kamu di semua titik interaksi.”

Kamu sudah memikirkan matang-matang kepribadian, pesan, dan nada yang mewakili brand-mu. Tentunya, kamu ingin aspek-aspek ini melekat erat dengan merekmu, bukan? Nah, kehadiran brand guidelines memastikan konsistensi tersebut.

Iconic Digital menyebutkan tiga elemen desain dasar dalam brand guidelines: palet warna, tipografi, dan logo. Memastikan konsistensi elemen-elemen ini di seluruh platform pemasaran akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis dan brand kamu.

Konsistensi

Misi utama brand guidelines adalah menjaga konsistensi. Tiap materi pemasaran butuh desain yang berbeda. Dengan brand guidelines, kamu bisa memastikan gaya visual tetap selaras tanpa kebingungan. Selain berguna untuk tim internal, brand guidelines juga penting saat bekerja bersama pihak eksternal seperti agensi. Ketika elemen-elemen utama sudah ditetapkan, lebih mudah berkreasi tanpa mengorbankan identitas inti brand.

Mudah Dikenali

Konsistensi = brand yang dikenali = meningkatnya brand awareness. Menurut Forbes, kekompakan gaya membantu “menciptakan suara brand yang kuat dan sesuai dengan audiens, penting dalam membangun brand awareness. Dalam jangka panjang, konsistensi ini membangun kepercayaan.”

Meningkatkan Nilai

Selain meningkatkan awareness, memiliki dan menjalankan brand guidelines memperkuat nilai brand-mu. Dengan gaya yang koheren di berbagai platform, brand tampil lebih profesional dan terpercaya. Alhasil? Calon pelanggan tertarik dan bisnismu pun berkembang. Ternyata, tak hanya memudahkan desain, brand guidelines secara nyata menjaga visi brand. Konsistensi pada tiga elemen penting yang disebutkan (logo, tipografi, dan warna) membentuk brand tangguh yang mudah diingat.

Sudah punya brand guidelines yang jelas?

Tagged under: brand, brand guidelines, branding, marketing

What you can read next

Mengapa Office Branding Itu Penting
Event Organizer Bikin Mudah: Hemat Waktu dengan Organizer Pro
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menggunakan Jasa Event Organizer

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us