Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Mendongkrak Liputan Media Lewat Siaran Pers
admin
Kamis, 10 Desember 2020 / Published in Blog

Mendongkrak Liputan Media Lewat Siaran Pers

Ketika bisnis Anda diliput di media-media besar, itu pertanda strategi marketing berjalan mulus! Muncul di pemberitaan, acara TV, dan outlet media lainnya membuka pintu untuk menjangkau khalayak lebih besar, menarik investor, dan masih banyak lagi. Nah, untuk mendapatkan eksposur media yang diidamkan, siapkan dulu siaran pers yang berkualitas dan dipikirkan matang-matang.

Ayo kita mulai dari dasarnya: apa sih sebenarnya siaran pers itu? Dikutip dari Wikipedia, “siaran pers adalah pernyataan resmi yang disampaikan ke media untuk tujuan informasi, pernyataan resmi, atau pengumuman”. Siaran pers menjadi salah satu alat komunikasi terkuat bagi bisnis dan perusahaan, karena dengan format ini berita tentang perusahaan Anda tersaji langsung ke hadapan jurnalis dan redaktur media. Makanya, penting untuk kita pahami kunci memperluas liputan media lewat siaran pers.

Yang bisa diumumkan lewat siaran pers itu macam-macam, mulai dari peluncuran produk atau layanan baru, acara khusus, sampai kolaborasi besar dengan pelaku bisnis lainnya. Seiring waktu, cara siaran pers sampai ke meja redaksi pun terus berkembang. Kini, mengirim siaran pers semudah mengirim email, mencari alamat jurnalis pun tak sulit.

Apa yang Harus Ada di Siaran Pers

Tidak ada rumus baku dalam menulis siaran pers, tetapi ada unsur-unsur penting yang harus disertakan, seperti yang dijelaskan Balance Small Business.

  • Awali dengan lokasi (kota) dan tanggal terkini
  • Ciptakan judul yang memikat atensi
  • Tulis dengan gaya orang ketiga (dia/mereka)
  • Temukan sesuatu yang membuat acara/rilis Anda lebih menarik. Misalnya, ada tokoh yang diundang (tapi pastikan beneran hadir ya!)
  • Hindari gaya terlalu formal dan kurang interaktif
  • Tambahkan kutipan dari figur penting terkait
  • Kenali Target Anda
  • Bayangkan, setiap harinya ada ratusan siaran pers yang dikirim ke berbagai jurnalis. Tapi ingat, tidak semua media akan melirik, apalagi menganggap berita Anda layak muat.

Makanya, penting untuk riset dan kumpulkan informasi tentang jurnalis dan/atau media yang mungkin tertarik menerbitkan artikel berdasarkan siaran pers Anda. Selain itu, sisipkan juga unsur multimedia dalam siaran pers, seperti gambar dan grafik. Ini akan sangat membantu jurnalis, sehingga mereka lebih tertarik dengan cerita yang Anda tawarkan.

Semoga sukses!

Tagged under: branding, communications, marketing, press release

What you can read next

situs web
Bukti Masa Depan: Tren Pengembangan Situs Web
Corporate Merchandise Gifting
Do’s and Don’ts dalam Pemberian Merchandise Perusahaan
Masa Depan Desain Web: Tren Teratas yang Harus Diperhatikan pada Tahun 2025

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us