Call us: +62 21 4584 37 60/61
  • LANGUAGES
    • Indonesia Indonesia
    • English English

SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta IndonesiaSHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

  • HOME
  • LAYANAN
  • PORTO
  • TENTANG
  • KARIR
  • BLOG
  • KONTAK
  • Home
  • Blog
  • Tingkatkan Bisnis Anda Melalui Social Media Marketing
admin
Selasa, 01 Desember 2020 / Published in Blog

Tingkatkan Bisnis Anda Melalui Social Media Marketing

Dengan pengguna berjumlah hingga 3,8 miliar lebih di seluruh dunia, media sosial telah menjadi arena yang tak bisa diabaikan oleh setiap pebisnis. Saat ini, social media marketing sudah jadi salah satu strategi kunci semua perusahaan. Tapi, apa sebenarnya social media marketing itu?

Social media marketing adalah cara untuk membuat dan menyebarkan konten menarik di berbagai platform media sosial dengan tujuan mencapai target bisnis. Nah, karena setiap platform punya pengguna dan karakter yang berbeda, pastikan kontennya disesuaikan dengan cermat, ya! Strategi khusus di tiap media sosial itu penting banget.

Agar berhasil dalam social media marketing, Buffer menyarankan 5 langkah berikut ini:

Mulai dari Tujuan: Tetapkan dengan Jelas!

Sebelum masuk ke tahap pemetaan strategi, sangat penting untuk menetapkan tujuan secara jelas. Apa yang sebenarnya diinginkan dari kampanye social media marketing yang akan dimulai? Apakah meningkatkan engagement? Memperluas brand awareness? Atau langsung mendorong penjualan?

Nah, tiap tujuan akan lebih cocok dengan jenis platform media sosial tertentu. Contohnya, kalau Anda seorang fotografer yang ingin karyanya dikenal banyak orang, tentu harus pilih Instagram, platform terbaik untuk memamerkan karya visual seperti foto.

Selain Instagram, platform lain yang populer antara lain Facebook, YouTube, dan LinkedIn. Perhatikan karakteristik unik tiap platform, seperti siapa penggunanya (demografi) dan jenis konten yang disukai. Hal ini sangat penting dalam pemilihan platform, penentuan tujuan, serta pembuatan konten yang sesuai. Strategi social media marketing yang terarah akan maksimal hasilnya!

Rajin-Rajin Posting!

Setelah strategi dan tujuan jelas, saatnya menyebarkan konten yang dibuat dengan penuh pertimbangan. Keberadaan Anda di dunia online amatlah penting dalam membangun brand awareness. Nah, kuncinya ada pada konsistensi postingan.

Tenang, saat ini banyak kok studi atau data yang memberikan bocoran tentang waktu-waktu terbaiik untuk posting di tiap platform media sosial. Ini penting karena waktu posting sangat menentukan seberapa luas konten Anda bisa menjangkau orang.

Ada pula aplikasi praktis yang mampu membantu Anda menjadwalkan postingan, bahkan otomatis mengunggahnya pada waktu yang telah ditentukan untuk beberapa platform sekaligus. Sangat memudahkan, bukan?

Pantau Dampaknya

Rutin posting saja tidak cukup! Penting juga memantau apa yang orang bilang tentang bisnis atau brand Anda. Awali dengan mencermati respons audiens di kanal media sosial milik Anda sendiri: komentar, tag, atau pesan langsung.

Tak kalah pentingnya, cek juga apa orang membicarakan bisnis Anda di luar platform Anda.

Berikan respons terhadap pertanyaan pelanggan, keluhan, serta obrolan secara umum. Cara ini membantu Anda membangun dan menjaga reputasi positif. Bantu pelanggan yang sudah ada maupun calon pelanggan dengan menjawab pertanyaan dan menyelesaikan persoalan mereka seputar produk/jasa Anda. Intinya, lakukan media monitoring! Melakukannya secara teratur akan membantu mendeteksi potensi masalah yang jika diabaikan bisa berbahaya di kemudian hari, sehingga Anda bisa memutarbalikkan keadaan menjadi untung.

Data is King!

Analisis data sangatlah bermanfaat, termasuk dalam meningkatkan bisnis melalui social media marketing. Selami bagaimana tiap postingan Anda mencapai audiens, dan bagaimana kehadiran Anda dalam media sosial membantu membangun brand. Kedua data ini membuat Anda mampu mempersiapkan strategi social media marketing yang lebih menyeluruh dan cemerlang.

Jika Anda ingin analisis data yang komprehensif dan canggih, sekarang ada beragam tools yang bisa digunakan. Meski begitu, jangan khawatir, tiap platform media sosial juga menyediakan data dasar mengenai postingan Anda kok.

Menurut Socialbakers, ada beberapa area kunci yang bisa mendapatkan manfaat dari analisis dalam social media marketing, seperti analisis audiens, analisis performa, hingga analisis kompetitor.

Iklan, Gas Terus!

Opsi lain untuk mendongkrak bisnis melalui media sosial adalah dengan beriklan. Iklan via media sosial memungkinkan Anda menargetkan iklan dengan sangat spesifik sesuai demografi tertentu.

Cara ini ampuh dalam membantu orang menemukan bisnis Anda, yang pada muaranya akan menghasilkan penjualan yang kian konsisten tiap harinya.

Semoga tips di atas bermanfaat!

Tagged under: marketing, social media, social media marketing

What you can read next

Menguasai Seni Siaran Langsung untuk Acara
Merchandise sebagai Strategi Pemasaran
venue selection
Suasana Venue Menemukan Tempat Acara yang Sempurna!

Latest Blog

Produksi Video Tahun 2025: AI & Otomatisasi Membentuk Industri

1:15 PM 07 Mei 2025

Website Tahun 2025: Dampak AI, Otomatisasi, dan Interaktivitas

3:32 PM 05 Mei 2025

Dominasi Konten Video: Masa Depan Pemasaran Media Sosial

4:24 PM 02 Mei 2025

Layanan Pengembangan Web Masa Depan untuk Bisnis Anda

1:41 PM 29 Apr 2025

Produksi Video Profesional untuk Inspirasi & Melibatkan Audiens

11:35 AM 24 Apr 2025

Services

  • Communication
  • Branding
  • Video Production
  • Web & Mobile Apps
  • Digital Marketing
  • Event Organizer
  • Disclaimer
  • Terms & Conditions
  • Contact Us
SHIFTinc - Full Service Creative Agency - Jakarta Indonesia

© 2024 PT Kreasi Lintas Cakrawala. All rights reserved.

TOP
Contact us